Buku Rujukan Cyberzone Membangun Bisnis Di Masa Industri 4.0

Berikut ini ialah berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0.  Diterbitkan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Download file format PDF.

 Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri  Buku Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0
Buku Sekolah Menengah kejuruan - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0

Buku Sekolah Menengah kejuruan - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0

Berikut ini kutipan teks/keterangan dari isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0:

Baca Juga

Kebijakan yang relevan dan baik selalu ditopang oleh suatu kajian yang baik pula. Artinya selalu ada hubungan positif antara suatu kajian yang berbasis penelitian akademik dengan kebijakan apa yang diambil. Tentu dalam konteks ini ialah yang ada kaitannya dengan pengembangan Sekolah Menengah kejuruan ke depannya. Kajian NSPK ini bertujuan tidak lain untuk menjawab hal tersebut. Tuntutan pembaharuan kebijakvan ditengah arus dan gelombang modernisasi yang semakin dinamis sangat diharapkan terlebih perkembangan revolusi Industri sudah mencapai 4.0 yang berbasis cyber physical system ini. Revolusi industri sangat mempunyai keterkaitan dengan Sekolah Menengah Kejuruan salah satunya pada aspek penggunaan peralatan praktik sebagai penunjang kompetensi siswa. Inti dari praktik siswa ialah menawarkan kemampuan practical dalam penguasaan penggunaan peralatan praktik, semakin alat yang dimiliki relevan dengan perkembangan zaman semakin membantu pula penerima didik dalam upgrading skill-nya. Tidak hanya pada aspek tersebut, hal lain yang sangat urgent untuk dilakukan penelitian lebih lanjut untuk dijadikan basis pengambilan kebijakan ialah salah satunya terepresentasi dari tema kajian NSPK 2018 ini. Bisa dibilang dari beberapa kajian yang disajikan sudah cukup komperhensif. Pada aspek pengembangan aksara penerima didik Sekolah Menengah kejuruan sudah dikaji, desain pengembangan bengkel, kompetensi dan kurikulum menurut kompetensi kala 21, ditambah lagi dengan kajian potensi kewirausahaan berbasis cyberzone. Penelitian yang mengkorelasikan pengembangan Sekolah Menengah kejuruan dengan tempat ekonomi khusus menawarkan warna terhadap khazanah yang ke depannya akan menawarkan bantuan penting pengambilan kebijakan oleh Direktorat. Selain itu riset perihal employability skill dan pengembangan Sekolah Menengah kejuruan Pertanian di Indonesia melalui LARETA membantu untuk memetakan dan berkontribusi terhadap dinamika yang ada di SMK.

Pada karenanya peyusunan buku ini tidak lain ialah sebagai upaya untuk menawarkan jalan keluar sekaligus penyelesaian terhadap permasalahan dan tuntutan pengembangan Sekolah Menengah kejuruan di tengah arus deras perkembangan zaman yang selalu menuntut akan pembaharuan dari banyak sekali macam aspek. Kajian yang mewujud dalam buku ini menawarkan angin segar untuk dijadikan basis penentuan kebijakan Direktorat ke depan. Kami dari direktorat menawarkan apresiasi sebesar-besarnya kepada para kawan dalam penelitian ini UNY, UGM, UNS, UPI, UMJ dan UMY. Semoga dengan diterbitkannya buku ini bisa membangkitkan semangat kepada banyak sekali macam elemen Direktorat, Sekolah, Peserta didik, Kampus untuk terus berkontribusi dalam memperbaiki kualitas pendidikan kita khususnya pada pendidikan kejuruan.

Daftar Isi pada Buku Sekolah Menengah kejuruan - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0 ini antara lain:

1. PENDAHULUAN
A. Cara Menggunakan Buku Ini
B. Panduan untuk Siswa
C. Panduan untuk Guru

2. KEWIRAUSAHAAN
A. Saya Seorang Wirausahawan!
B. Tips Menjadi Wirausahawan
C. Siswa Sekolah Menengah kejuruan sebagai Technopreneur
D. Memilih Produk yang Tepat
E. Merancang Usaha dengan Business Canvas Model.
F. Keunggulan Berbisnis dalam Era Industri 4.0

3. MEMBANGUN USAHA PRODUKTIF
A. Strategi Jitu Menghadapi Pesaing
B. Keputusan dalam Operasional Bisnis
C. Merancang Produk yang Inovatif

4. PEMASARAN PRODUK
A. Analisis Tren Pasar 
B. Meracik Bauran Pemasaran
C. Pasang Sasaran Bidik Tembaaak!
D. Pengemasan dan Pengiriman Barang

5. DIGITAL MARKETING
A. Tarik! Dorong!
B. AIDA Sang Pemikat Hati
C. Cara Ampuh pakai Media Sosial untuk Pemasaran Produk
D. Berjualan di Pasar Online

6. SUMBER DAYA MANUSIA
A. Perlu Pegawai Tidak
B. Menarik Pegawai
C. Perkenalan Pegawai
D. Perlu Diklat
E. Memberi Imbalan
F. Mendorong Kerja dan Motivasi
G. Memimpin

7. MENGELOLA KEUANGAN DAN MENCARI DANA
A. Mengelola Uang Bukan Berarti Pelit
B. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Keuangan
C. Menghitung Harga Produksi dan Kulakan
D. Untung Nggak Ya? Makanya Buat Neraca!
E. Mencari Modal Usaha dengan Crowdfunding 

8. CARA BERJUALAN DI Sekolah Menengah kejuruan CYBERZONE
9. PANDUAN PEMBELAJARAN UNTUK GURU

Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0

A. Cara Menggunakan Buku Ini
Buku ini disusun atas dasar latar belakang kebutuhan buku panduan kewirausahaan bagi generasi milenial untuk meningkatkan wawasan dunia wirausaha pada era Industri 4.0. Era tersebut ditandai dengan model bisnis yang mengkolaborasikan banyak sekali sumberdaya melalui platform teknologi informasi sehingga membentuk suatu rantai proses bisnis dengan wilayah entitas yang sangat luas.

Buku ini disusun atas dasar latar belakang kebutuhan buku panduan kewirausahaan bagi generasi milenial untuk meningkatkan wawasan dunia wirausaha pada era Industri 4.0. Era tersebut ditandai dengan model bisnis yang mengkolaborasikan banyak sekali sumberdaya melalui platform teknologi informasi sehingga membentuk suatu rantai proses bisnis dengan wilayah entitas yang sangat luas.

Buku ini dimaksudkan pula untuk mendukung aktivitas nawacita dari pemerintah terutama perihal membangun Indonesia dari pinggiran, peningkatan kualitas hidup insan Indonesia, meningkatkan produktivitas masyarakat dan daya saing internasional serta mewujudkan kemandirian ekonomi melalui bidang wirausaha. Membangun dari “pinggiran” tentu harus kita pahami bahwa bukan hanya pinggiran secara geografis, namun pinggiran dalam konteks memberdayakan masyarakat marginal yang hidup di tengah budaya modern.

Buku ini dibagi menjadi banyak sekali bagian, yang secara keseluruhan menyajikan perihal bagaimana yang seharusnya anda lakukan supaya bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan selera konsumen dan dipasarkan melalui media transaksi yang mudah, cepat, kondusif dan nyaman. Penggunaan buku ini sanggup diadaptasi dengan kebutuhan anda. Jika anda ialah pelaku bisnis yang memproduksi barang dan jasa maka anda sanggup menuju pada belahan buku perihal penemuan produk, perhitungan keuangan bisnis dan pengelolaan sumberdaya manusia. Namun bila anda tertarik dengan bidang pemasaran online untuk menjual produk ke masyarakat, maka anda sanggup membaca pada belahan pemasaran dan marketplace. Cara terbaik ialah melihat sekilas tiap-tiap belahan buku ini kemudian pelajarilah belahan yang anda prioritaskan.

Setelah membaca belahan pertama dari buku ini, anda sebagai siswa Sekolah Menengah kejuruan diharapkan mempunyai motivasi untuk mengambil jalan hidup sebagai seorang wirausahawan. Jika anda baca dengan cermat, akan anda temui beberapa poin perihal saran yang lebih rinci supaya anda secara efisien bisa memanfaatkan buku ini untuk mengubah referensi pikir anda selama ini yang kelak akan anda sadari ternyata ada sedikit kesesatan, tentunya sesudah anda baca baik-baik buku ini.

Pada belahan kedua, anda akan diajak berpikir dan menganalisa diri anda. Siapa sih anda ini sebenarnya. Adakah sosok wirausaha yang terbenam dalam jiwa anda. Hanya anda yang tahu, tentunya sesudah anda membaca belahan kedua pada buku ini dengan seksama. Bagian ini juga mengajak anda mengerti bagaimana anda memaksimalkan potensi diri dengan membandingkan aksara orang sukses dan orang gagal. Belajarlah dari isi belahan kedua ini, supaya anda gampang terbangun ketika mengalami kegagalan. Setelah selesai membaca belahan kedua sebaiknya anda merenungkan isinya, kemudian analisalah diri anda. Adakah aksara positif dan negatif menyerupai yang disajikan pada belahan kedua tersebut? Hilangkan ciri dan aksara negatif pada diri anda menyerupai yang dicantumkan pada buku ini. Jika pikiran anda mulai realistis terhadap citra bisnis, berarti anda sudah bisa menuntaskan pemahaman belahan kedua dari buku ini.

Bab ketiga akan menawarkan anda citra taktik bisnis secara “adu banteng” dengan pesaing. Bagian ini akan mengubah opini anda bahwa berwirausaha itu sekedar menciptakan dan menjual barang saja, yang penting terus rajin menciptakan produk dan rajin mempromosikan. Tidak salah sih. Tapi ingat, anda tidak sendirian bergulat dengan jenis produk anda tersebut. Anda perlu memahami taktik eksternal menghadapi pesaing dan taktik internal untuk memperbaiki produk secara terus menerus dengan mensimulasikan perbaikan kualitas produk tertentu memakai formula menyerupai yang dipaparkan. Jika pikiran anda mulai terisi oleh imajinasi seperti anda mempunyai produk elok dan inovatif yang dihasilkan melalui taktik yang telah anda baca pada buku ini, selamat. anda sudah memahami taktik bisnis.

Jika anda sudah mengetahui bagaimana menciptakan produk yang inovatif, maka sekarang saatnya anda harus tahu perihal “pasar” atau market kata orang bule. Punya barang tetapi tidak tahu “pasar” sama saja anda tidak bisa berbisnis. Tahu perihal pasar berarti tahu perihal seluk beluk penjualan atau pembelian. Artinya anda harus berguru taktik pemasaran atau marketing. Bab keempat dari buku ini akan memberi anda wawasan perihal tren pasar yaitu produk apa dan produk menyerupai apa yang diinginkan konsumen dikala ini dan masa yang akan datang. Sambil membaca, isilah pikiran anda dengan imajinasi produk yang selama ini anda pikirkan untuk direalisasikan. Jika anda sudah bisa memahami cara mengenali keinginan konsumen terhadap suatu produk, maka anda sudah berhasil memahami belahan penting dari bisnis, yaitu strategi.

Bagian berikutnya yaitu belahan kelima yang akan mengajak anda untuk mengenal lebih jauh perihal pemasaran online. Tentu tak gila bagi anda istilah tersebut. Tapi sebelum mempelajari belahan lima ini, tentu anda masih sebatas mengenal istilah saja. Belum tahu persis menyerupai apa taktik pemasaran online. Nama situs pemasaran online pun sudah familiar di indera pendengaran anda. Tapi coba praktekkan dengan beberapa produk melalui uraian pada belahan lima buku ini. Jika ponsel anda dikala ini sudah sering bergetar atau berbunyi alasannya ialah mendapatkan respon dari calon konsumen, berarti anda sudah mengerti isi belahan lima buku ini.

Bab enam akan membahas perihal sumber daya manusia. Bab tujuh akan menawarkan pemahaman pada anda bahwa kesuksesan bisnis ditentukan pula oleh keberhasilan anda dalam mendelegasikan pekerjaan kepada orang lain untuk mengerjakan tugas-tugas bisnis anda. Bagian ini akan mengajak anda berpikir dan bertindak layaknya seorang big boss. Anda sanggup membayangkan bahwa anda setiap pagi mengecek kehadiran pegawai-pegawai anda dan menjelaskan singkat kiprah apa pada hari ini, ahad ini dan seterusnya sehingga ketika anda sibuk dengan hobi anda yang lain, orang lain sudah bekerja untuk meningkatkan kemakmuran anda. Tetapi perlu diingat, dalam anda mempunyai keterbatasan dalam mengawasi pegawai-pegawai anda, sehingga anda perlu alat untuk melihat hasil pekerjaan mereka. Apakah mereka menguntungkan anda atau justru menjerumuskan anda ke jurang kebangkrutan. Nah, belahan tujuh akan menjelaskan kepada anda perihal sedikit hitung-hitungan persoalan keuangan untuk memantau tolok ukur hasil pekerjaan pegawai anda.

Bab terakhir dari buku ini ialah pedoman simpel untuk anda supaya produk anda dikenal oleh masyarakat melalui pasar online, yaitu Sekolah Menengah kejuruan Cyberzone, yang khusus disediakan hanya untuk anda. Tidak untuk orang lain. Mengapa? Karena anda ialah calon-calon big boss yang akan merambah bisnis di dunia digital. Anda ialah insan super yang akan mengisi kemakmuran bangsa melalui teknologi masa depan. Praktekkan pedoman pada belahan ke delapan buku ini dengan mengunggah produk anda, cermati setiap hari perkembangan konsumen, siapa saja yang melihat produk anda, kejarlah dengan penawaran-penawaran menarik perihal produk anda. Selamat merintis wirausaha, selamat berbisnis, setialah pada proses dan yakinlah bahwa : “HASIL TIDAK AKAN MENGKHIANATI PROSES”.

B. Panduan untuk Siswa
Sebagai konsumen utama, buku ini dieruntukkan bagi para siswa SMK. Melalaui buku ini diharapkan para siswa kian tambah menahami betapa pentingnya mempersipakan diri untuk menjadi wirausahawan sejati. Diharapkan para siswa bisa menginternasilasi nilai-nilai kewirausahaan menyerupai perilaku kemandirian, kerja keras, kreatifitas dan lainnya, sehingga menjadi semangat untuk bisa turut andil dalam memajukan kesejahteraan diri, masyarakat dan bangsanya.

Buku ini dikemas secara renyah (menarik) dengan bahasa yang sebisa mungkin terpahami oleh para siswa supaya secara pribadi para siswa sanggup mencerna sendiri muatan-muatan pesan, dan mempelajari cara-cara melaksanakan kegiatan kewirausahaan secara sanggup berdiri diatas kaki sendiri atupun dibawah bimbingan para guru.

Bagaimana supaya para siswa memahami dan menguasai isi buku ini, berikut ini langkah langkah yang perlu diperhatikan:
  1. Sebagaimana umumnya, untuk mengetahui tujuan dan bahkan isi pokok setia pembicaraan dan atau goresan pena (buku) maka belahan pendahuluan ialah tempatnya. Karena itu disarankan para siswa membaca pada belahan pendahuluan untuk segera memahami apa tujuan diterbitkannya buku ini.
  2. Para siswa hendaknya membaca dulu seluruh isi buku ini, dengan cara melihat daftar isi. Mencoba untu memahami seluruh isi buku meskipun hanya melihat judul dan sub-sub judul dalam daftar isi dengan pemahaman masing-masing.
  3. Karena buku ini diterbitkan sebagai buku tambahan dari sumber pembelajaran mata peajaran kewirausahaan (Produk Kreatif dan Kewirausahaan), maka para siswa sanggup membaca buku ini sesuai dengan urutan pembelajaran PKK sebagaimana telah ditetapkan oleh guru masing-masing, yakni dengan merujuk pribadi kepada bagian-bagian tertentu (bab atau sub bab).
  4. Para siswa boleh saja juga membaca pada belahan tertentu terlebih dahulu sesuai minata atau sesuai yang dianggap paling menarik bagi dirinya, akan tetapi disarankan membaca dulu pada belahan ini (panduan bagi siswa) dengan impian para siswa tidak hanya memahami setengah-setengah isi buku ini .
  5. Para siswa disarankan membaca secara urut dari belahan ke bab, meskipun tidak harus memaca seluruh bagiannya secara mendetail. Dalam hal ini sangat disarkankan menerapkan cara membaca cepat, yaitu dengan menskim (melihat secara cepat) pada paragraf-paragraf yang dianggap penting.
  6. Untuk bagian-bagian (bab/sub bab) yang bersifat praktik (perihal how) atau cara melakukan, maka sebaiknya para siswa sembari membaca buku sambil langusng juga menerapkan tahap pertahapnya. Atau akan lebih menguasai apabila para siswa membaca dahulu secara keseluruhan dan kemudian menciptakan rangkuman tahap-tahap pengerjaannya dengan kalimat sendiri, gres kemudian mempraktikan dengan panduan rangkuman tahapan tersebut. 

C. Panduan untuk Guru
Para guru sebagai fasilitator pembelajaran, buku ini tentu sanggup diposisikan sebagai sumber berguru bagi siswa. Bagi sekolah yang memungkinkan pewajibannya bagi seluruh siswa maka akan banyak membantu para guru khususnya para guru PKK dalam menginternalisasikan nilai-nilai kewirausahaan maupun dalam memastikan keterampilan siswa. Sedangkan bagi sekolah yang masih mempunyai tekerbatasan pembiayaan, maka buku ini hendaknya dimiliki guru sebagai pegangan guru dalam membimbing pembelaaran PKK.

Bagaimana penggunaan buku ini bagi para guru dalam dua keadaan yang berbeda di atas, berikut ini langkah langkah yang perlu diperhatikan:
  1. Para guru disarankan membaca terlebih dahulu belahan pendahuluan untuk mengetahui secara sempurna apa maksud dan tujuan diterbitkannya buku ini. dalam konteks kurikulum yang sudah ada, buku ini dimaksudkan sebagai buku sumber berguru bagi mata pelajaran kewirausahaan, dan dalam konteks “pemasaran online” buku ini sebagai materi suplemen. 
  2. Sebagaimana disarankan kepada para siswa, hendaknya para guru membaca terlebih dahulu seluruh isi buku ini, dengan cara melihat daftar isi. Mencoba untu memahami seluruh isi buku meskipun hanya melihat judul dan sub-sub judul dalam daftar isi dengan pemahaman masing-masing.
  3. Karena buku ini diterbitkan sebagai buku sumber berguru pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan (Produk Kreatif dan Kewirausahaan), maka para guru menjadikannya materi pembelajaran dengan urutan pembelajaran PKK sebagaimana telah ditetapkan, yakni dengan merujuk pribadi kepada bagian-bagian tertentu (bab atau sub bab) diadaptasi dengan silabus yang ada.
  4. Para guru bisa saja memakai pribadi pada belahan tertentu terlebih dahulu sesuai minat usul para siswa atau sesuai yang dianggap penting/prioritas bagi guru. Namun mengingat penyusunan buku ini sudah mempertimbangkan sistematika penyajiannya dalam pembelajaran, maka disarankan guru menyajikannya secara urut dari belahan ke bab, meskipun tidak harus memberikan seluruh bagiannya secara mendetail.
  5. Untuk bagian-bagian (bab/sub bab) yang bersifat praktik (perihal how to) atau perihal bagaimana cara melakukan, maka sebaiknya menciptakan rangkuman tahap-tahap pembelajarannya (syntak) hingga tahapan praktinya.
  6. Untuk memastikan pelaksanaan praktik yang sistematis dan prosedural, kepada para guru disarankan untuk melengkapi belahan pembelajran praktikum dari buku ini dnegan menyusun lembar kerja-lembar kerja (LK).
  7. Sebagai tambahan materi pembelajaran di kelas ataupun tahap pembelajaran pra-praktikum, maka sangat disaranakan kepada para guru untuk melengkapi materi didik ini dengan menciptakan materi tayangan dalam aplikasi Power Point. Baik tayangan yang bersifat teoretik maupun praktik. 

    Download Buku Sekolah Menengah kejuruan - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0

    Selengkapnya mengenai susunan dan isi berkas Buku Sekolah Menengah kejuruan - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0 ini silahkan lihat dan unduh pada link di bawah ini:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0



    Download File:

    Buku Sekolah Menengah kejuruan - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0pdf

    Sumber: http://psmk.kemdikbud.go.id

    Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan berkas dan share file Buku Sekolah Menengah kejuruan - Referensi Cyberzone Membangun Bisnis Di Era Industri 4.0. Semoga bisa bermanfaat.

    Artikel Terkait

    Belum ada Komentar untuk "Buku Rujukan Cyberzone Membangun Bisnis Di Masa Industri 4.0"

    Posting Komentar

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel